Sabtu, 21 Maret 2009

Mengenal MacromediA Flas 8

MENGENAL
MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8

Pada umumnya Flash menyediakan yang dibutuhkan untuk membuat dan melahirkan sebuah rancangan halaman web yang kaya akan fasilitas hingga pembuatan sebuah aplikasi yang tangguh. Program ini dilengkapi dengan tool-tool yang mampu menghasilkan karya yang kreatif dan disempurnakan dengan tampilan interface yang semakin memudahkan. Macromedia Flash edisi terbarunya diedarkan dalam 2 macam paket yaitu Macromedia Flash Basic 8 dan Macromedia Flash Professional 8.
Yang pertama adalah Macromedia Flash Basic 8 berisi fasilitas untuk membuat desain web, media interaktif secara professional, serta hal-hal yang berkaitan dengan sarana yang dibutuhkan dalam program developer untuk menyusun sebuah content multimedia. Secara garis besar Macromedia Flash Basic 8 mengutamakan dalam penyediaan sarana untuk membuat kreasi, mengimpor serta memanipulasi berbagai media seperti audio, video, bitmaps, vektor, teks, dan data.
Yang kedua adalah Macromedia Flash 8 Professional disediakan bagi desainer professional tingkat lanjut dalam menyusun desain web dan aplikasinya. Macromedia Flash Professional 8 berisi semua fitur-fitur yang ada pada Macromedi Flash Basic 8, disertai dengan beberapa tool-tool baru yanh tangguh. External scripting serta kemampuan untuk menmghandel dynamic data dari database adalah diantara hal yang dimiliki Macromedia Flash Professional 8 sehingga membuat program ini mampu dipergunakan untuk menangani sebuah proyek pembuatan aplikasi yang besar, kompleks, yang menmyangkut penggunaan Flash player serta persilangannya dengan HTML.

Manfaat Flash
Flash merupakan sarana bagi para desainer untuk membuat presentasi program aplikasi, dan sarana lain yang membuat pemakai program itu berinteraksi, untuk itu flash memiliki kemampuan untuk sebagai berikut :

1.Flash dapat menangani image bitmap
Walaupun terbatas, flash dilengkapi dengan sarana sebagai image editing program. Penayangan yang dapat dilakukan meliputi melakukan transformasi (free transformation, scale, rotate dan skew, scale dan rotate, flip vertikal, flip horizontal), mengatur perataan objek bitmap dan mengatur susunan objek dalam tumpukan.
2.Flash adalah vektor program
Kebanyakan dari sarana yang tersedia pada Flash adalah untuk membuat gambar berbasis vektor. Kemampuan alat gambarnya merip dengan fasilitas pokok yang dimiliki freeHand maupun ilustrator. Bahkan beberapa sarana yang dimiliki Flash lebih dulu ada dibanding dengan Freehand.
Flash memiliki alat gambar untuk menggambar secara bebas maupun membuat garis-garis secara presisi, bentuk-bentuk, serta menggambar path.
3.Flash sebagai program animasi vektor
Jika program-program animasi yang dibuat terdahulu berbasis bitmap, maka Flash yang mula-mula dikenal sebagai program animasi berbasis vektor. Format file Flash berbasis vektor. Hal inilah yang menyebabkan file animasi yang dibuat dengan Flash berukuran lebih kecil karena image vektor pada masing-masing frame hanya menyimpan animasi bitmap ( misalnya quick time ), yang disimpan adalah keseluruhan bobot gambar bitmap itu.
4.Flash sebagai pembuat program
Flash dapat dikatakan sebagai pembuat program multimedia, atau program pembuat lingkungan multimedia (misalnya pada halaman web) yang mencakup penanganan terhadap sound (file suara), still graphic (gambar mati/gambar diam), movie graphic (gambar bergerak/movie), masih ditambah kemampuan untuk membuatnya menjadi interaktif. File kerja yang dibuat dengan Flash dapat berdiri sendiri dan dapat dimainkan hanya dengan Flash Player saja (program kecil yang dapat diperoleh secara gratis), tanpa harus menginstal Macromedia Flash.
5.Flash sebagai animation sequencer
Animator sequencer adalah pengatur squen-squen yang ada dalam sebuah movie. Dalam hal ini, Flash digunakan untuk merangkai/menorganisir tampilan beberapa scene sehingga dapat ditentukan mana yang harus dimainkan dulu, mengatur waktu/kecepatan tampil pada timeline, menorganisir setelah animasi yang satu kemudian yang mana akan dimainkan sehingga movie selesai.
Sebuah proyek dibuat dengan flash dapat mengandung animasi sederhana, video content hingga kesuatu program presentasi yang rumit hingga segala sesuatu yang menyangkut fasilitas-fasilitas sekitar itu, misalnya membuat sebuah games yang interaktif dan sebagainya.
Secara umum, elemen-elemen individual yang dibuat dengan Flash disebut dengan application atau aplikasi, sekalipun mungkin hanya sebuah animasi dasar. Dalam aplikasi Flash, dapat berisi gambar, suara , video, maupun efek-efek khusus. saat ini Flash telah dipakai pada hampir web karena kecilnya bobot file aplikasi Flash.
Untuk membuat gambar yang akan dianimasi, Flash menyediakan sarana alat gambar sehingga dapat menggambar langsung melalui layar Flash. Selain itu, Flash dapat mengimpor gambar-gambar yang dibuat melalui program lain sehingga setelah diterima di layar Flash tinggal menganimasikanya.
6.Memahami istilah gambar statik, animasi, dan movie
Gambar statik adalah sebuah gambar diam / gambar yang tidak bergerak.
Animasi adalah susunan gambar mati yang dibuat efek sehingga seolah-olah nampak bergerak.
Movie adalah gambar hidup.
Beda movie dan animasi adalah : movie adalah hasilnya, sedangkan animasi adalah proses kejadiannya.



Kelebihan Flash Pro 8
1.Fitur-fitur baru yang ada, baik pada Flash Basic 8 maupun Flash Pro 8
Berikut ini adalah fitur-fitur baru yang ada pada Flash Basic 8 dan Flash Pro 8 :
Pada warna gradient, sekrang tersedia fitur untuk mengontrol warna gradient yang lebih rumit, yaitu kemampuan untuk memasukan 16 warna pada sebuah gradient. Dan dapat mengatur secara tepat peletakan warna-warna itu serta prosentase warna dalam komposisi tersebut.
Model objek gambar, pada Flash versi sebelumnya semua shape pada suatu layer dapat memberikan efek outline pada setiap objek yang saling overlap. Namun, sekarang membuat shape secara langsung di Stage tanpa mengganggu shape lain yang telah ada distage. Jika membuat sebuah shape dengan sebuah model objek gambar, hal ini tidak akan menyebabkan shape lain yang terletak dibawahnya berubah.
Pada pengelolaan teks, objek teks yang berada di Stage sekarang tampilanya lebih konsisten. Dan akan menjumpai uaraian lebih lengkap mengenai hal baru dibidang pengelolaan teks ini pada bab yang mengupas tentang teks.
Bidang kerja stage yang lebih luas. Bidang stage dilayar ditandai dengan warns putih ( sebagai warna default, selainnya dapat mengganti dengan warna lain maupun dengan image bitmap yang diimpor kebidang tersebut), selebihnya diluar berwarna abu-abu. Bidang abu-abu disebut paste board, dimana dapat menyimpan gambar-gambar atau elemen lain sebelum dimainkan di Stage. Jika memainkan objek yang berada di stage, maka elemen lain di paste board tidak akan tampil di layar.
Pengaturan panel-panel dalam bentuk tab. Untuk meringkas banyak panel ke dalam sebuah bidang yang tetap, tetapi dapat berpindah-pindah dari panel ke panel lain secara mudah.
Kotak dialog Preferences YANG DITINGKATKAN. Macromedia mendesain sarana-sarana pendukung program ini untuk mengarah ke bentuk-bentuk yang mirip ke prasarana yang dimiliki produk keluarga Adobe Creative Suite, seperti photoshop, InDesign, dan Illustrator.
Single library panel, dapat menggunakan panel library secara single untuk menampilkan beberapa item yang berkaitan dengan file Flash. Hal ini memudahkan memilih dan berganti-ganti ietm yang yang digunakan dalam membuat objek di paste board.
Opsi baru pada stroke, kini dapat mewarnai stroke dengan warna gradien. Ini suatu lompatan baru dari Flash sejak Flash memperkenalkan tehnologi simbol ke dunia vektor grafis.
Objek level undo, ini juga fitur baru yang cemerlang pada flash 8. jadi, Flash memiliki dua sistem undo, yang pertama Aplication based Undo, dimana seluruh langkah kerja dicatat sehingga apabila ingin membatalkan langkah–langkah itu dapat dibatalkan dari langkah terakhir hingga sekian langkah kebelakang, sesuai jumlah Undo level yang ditetapkan. Yang ke-2 adalah yang terbaru disebut Objek Level Undo, dimana apabila sedang mengerjakan beberapa objek berurutan, maka level undo yang dikenakan hanya sesuai dengan masing-masing objek itu.
2.Fitur-Fitur baru yang hanya ada pada Flash Pro 8
Kelebihan Flash Pro 8 dibanding dengan Flash Basic 8, versi itu ditunjukan pada pemakai tingkat lanjut atau untuk pembuat aplikasi Flash, disini dibubuhkan beberapa tool baru yang berguna.

Tool-tool yang Lebih Ekspresif
Peningkatan sarana untuk memudahkan pengendalian. Di antaranya kemudahan yang ada pada timeline yang memungkinkan mengatur secara tepat animasi tweening dilakukan di Stage. Tweening adalah cara mengatur perubahan/gerak suatu objek dalam periode waktu.
Filter-filter
Flash kini memiliki sarana filter untuk membuat tampilan objek teks , tombol, maupun movie clips. Sarana baru ini terletak pada salah satu tab yang terletak pada bagian bawah layar.
Blend Mode
Blend Mode sangat dikenal bagi pemakai Photoshop. Berbagai komposisi efek menggunakan blend modes untuk menampilkan suatu objek yang berada di Stgae, ketika objek bertemu dan saling tumpah tindih dengan objek lain. Flash versi baru ini memiliki fasilitas Blend Mode yang dapat diaplikasikan saat menggunakan runtime control (pengendalian fungsi mode bled pada saat objek ditata pada timeline), dengan demikian akan memperkaya efek manis saat dimainkan di layar.
Bitmap yang lebih mulus
Pada Flash Pro 8, image bitmap ditampilkan lebih Smoth sekalipun diperbesar maupun diperkecil dalam batas tertentu.
Anti Alias pada teks
Untuk memperjelas tampilan teks hingga ukuran yang kecil, Flash sekarang dilingkapi dengan tampilan Anti Alias adalah bentuk tampilan bitmap yang memungkinkan bentuk pinggiran yang lebih halus.
Video Encoder
Flash Pro dilengkapi dengan Program terpisah Macromedia Flas 8 Video Encoder. Program ini berfungsi untuk mengkonversi file video ke Flash Video(FLV).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar